Membuat efek Bevel Manual di CorelDraw Dengan Smart Fill Tool

Cara Membuat Efek Bevel Dalam CorelDRAW dengan SmartFill Tool - Corel Draw Menjadi salah satu aplikasi vektor yang cukup digemari di Indonesia, Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat efek bevel dalam vektor di CorelDRAW dengan Smart Fill Tool, simak tutorialnya berikut ini:

Cara Membuat Efek Bevel Dalam CorelDRAW dengan Smart Fill Tool
Sebelum kita lanjut membuat efek bevel dengan smart fill tool, sebelumnya anda harus membuat terlebih dahulu gambar garis dengan kurva terbuka, baik itu membuat nama anda sendiri, ataupun kaligrafi, manfaatkan Bezier Tool untuk membuatnya.

Setelah selesai membuat garis dengan kurva terbuka, selanjutnya tekan F12 untuk setting Outline Pen, disana anda bisa mengatur ketebalan dan nilai pada garis-garis yang baru saja anda buat dengan Bezier Tool.

Karena kita akan membuat efek bevel di CorelDRAW maka kita harus membuat gambar dengan kurva terbuka yang baru saja anda buat tadi menjadi kurva tertutup, cukup tekan CTRL+SHIFT+Q untuk mengubah garis yang tadinya kurva terbuka menjadi Kurva tertutup.
Setelah selesai membuat sketsa, mari lanjut ke cara membuat efek bevel secara manual dalam bentuk vektor di CorelDRAW dengan Smart Fill Tool.


  1. Tadi kita sudah membuat sketsa dengan memanfaatkan Outline pen di CorelDRAW, untuk membuat efek bevel secara manual dalam bentuk vektor, agar lebih mudah kita harus membuat gambar yang sudah kita buat tadi dalam tampilan Wireframe Outline. 
  2. Kita lihat, disana tertinggal garis di tengah-tengah objek, garis tersebut bisa kita manfaatkan untuk membuat emboss. Rapikan garis-garis tersebut, Gunakan Freehand Tool untuk menambah dan mengurangi garis dan rapikan garis dengan Shape Tool. Anda juga bisa mewarnai garis yang baru dirapikan tadi untuk memudahkan anda dalam membedakan Outline (Garis) dengan Objek.
  3. Sekarang Pilih menu Smartfill Tool dan klik pada pada tiap-tiap objek perpotongan tertutup.

  4. Untuk membuat warna gradiasi dan mengatur gelap terangnya warna, klik menu Interactive Fill Tool. Agar tampak realistis Anda bisa menyesuaikannya dengan arah cahaya.

Sampai sini sudah selesai membuat efek bevel dalam bentuk vektor secara manual. Untuk menambahkan background pada gambar, buat objek kotak dengan rectangle Tool dan beri warna sesuai selera pada Color Palette.


Sesuaikan tempat objek kotak tadi, untuk memindahkannya, tekan SHIFT+PageDown pada keyboard. Selesai, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: